27 Oktober 2024

Mengenali kesehatan jantung dalam jangka waktu berkala merupakan cara yang baik agar terhindar dari berbagai penyebab serangan jantung. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir, serangan jantung koroner menduduki sebagai penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini dapat menyerang usia tua maupun muda. Tentunya hal ini cukup mengherankan, sebab umumnya usia muda masih rajin bergerak aktif dan cukup bugar.

Sedangkan faktor dari serangan jantung bisa terjadi karena terdapatnya gumpalan darah yang menjadi penghalang darah menuju jantung. Namun tak hanya sebatas itu, faktor yang dapat memicu serangan jantung juga dapat berasal dari kebiasaan sehari-hari. Lalu apa saja faktor terjadinya serangan jantung mendadak. Berikut ulasannya.

Kekurangan serta Kelebihan Jam Tidur

Dalam sebuah riset dari Amercia menyatakan bahwa, serangan jantung dapat dipengaruhi oleh kurangnya jam tidur. Orang yang memiliki jam tidur kurang dari 6 jam setiap malam memiliki potensi terkena serangan jantung sebesar 20%. Sedangkan orang yang memiliki jam tidur malam melebihi 9 jam, lebih berpotensi tinggi terkena serangan jantung sebesar 34%. Untuk itu biasakan tidur antara 6 hingga 9 jam setiap malam.

Makan dengan Porsi Berlebihan

Makan dengan porsi berlebihan selain dapat memberi dampak terhadap kesehatan jantung, juga dapat mengganggu pencernaan karena porsi yang berlebihan. Selain itu kinerja dari sistem pencernaan juga menjadi terhambat dan tidak optimal. Jika mengonsumsi makanan  yang mengandung karbohidrat serta lemak dalam jumlah berlebihan, maka kadar kolesterol akan meningkat dan hal ini menyebabkan terbentuknya gumpalan atau penyumbat pada pembuluh darah yang menuju jantung.

Polusi Udara

Polusi udara yang dihasilkan oleh pabrik, asap kendaraan, serta lain-lainnya, dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya serangan jantung. Sebab polusi udara yang masuk ke dalam tubuh, mengandung sebuah gas serta partikel kecil yang berbahaya bagi tubuh. Seperti kandungan sulfur, ozon, serta lainnya yang dapat membatasi pergerakan pembuluh darah. Sehingga tekanan darah menjadi meningkat dan jantung harus bekerja lebih ekstra.

Stres Berlebihan

Stress berlebihan dapat membuat risiko terkena serangan jantung semakin meningkat. Meskipun begitu, stres bukanlah penyebab secara langsung dari serangan jantung. Namun dengan stres berlebihan akan memicu masalah kesehatan lain yang mengganggu fungsi jantung. Seperti halnya stres mampu memicu tekanan darah tinggi, mendorong kebiasaan buruk, meningkatkan detak jantung, serta lain-lainnya. Sebab semua masalah ini sangat mempunyai kaitan erat dengan penyakit jantung.

Aktivitas Fisik Mendadak

Olahraga secara intens tidak menjadi sebuah masalah. Namun olahraga yang terjadi secara mendadak dan tidak biasa dilakukan dapat membahayakan pada kesehatan jantung. Terlebih bagi mereka yang sudah menderita penyakit bawaan jantung. Untuk itu lakukan pemanasan dahulu agar mengantisipasi terjadinya aktivitas yang berat pada fisik.

 

Demikian beberapa ulasan tentang kebiasaan yang dapat membuat serangan jantung mendadak. Semoga membantu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *