27 Oktober 2024

Setiap orang tua tentunya selalu menginginkan serta memberi yang terbaik untuk anaknya, mulai dari memberi kasih sayang, merawatnya, hingga soal pendidikan. Sedangkan untuk urusan pendidikan sendiri, negara kita mewajibkan seseorang untuk belajar dimulai dari tingkatan SD,SMP hingga SMA. Tapi banyak dari orang tua yang menginginkan anaknya untuk memulai pendidikan sejak usia dini, atau pendidikan yang bersifat informal ini, dengan tujuan menyiapkan diri anak sebelum memasuki tahap pendidikan formal.

Lalu sebenarnya apa definisi dari PAUD itu sendiri ? Berikut ulasannya.

Apa itu PAUD

PAUD yang merupakan kepanjangan dari pendidikan anak usia dini, adalah sebuah pendidikan awal bagi buah hati yang bersifat informal atau tidak resmi, sebelum dia melangkah ke pendidikan yang bersifat formal. Pendidikan yang diperuntukan untuk anak ini, yang dimulai dari usia satu sampai 8 tahun, adalah sebuah sarana agar proses dari perkembangan buah hati dapat lebih optimal. Selain untuk itu, agar dia lebih siap saat memasuki tahap pendidikan yang lebih tinggi.

Sedangkan terkait PAUD sendiri ada beberapa bagian. Untuk KB (Kelompok Bermain) dimulai saat usia anak dua hingga enam tahun. Untuk TPA (Tempat Penitipan Anak) dimulai saat usia usia satu sampai empat tahun. Dan yang terakhir adalah TK (Taman Kanak-kanak) untuk usia empat sampai enam tahun. Sedangkan terkait seberapa penting dan apa manfaatnya mari kita bahas.

Manfaaat Serta Pentingnya PAUD Bagi Buah Hati

PAUD cukup penting bagi perkembangan buah hati, hingga progam dari UNESCO mengharuskan setiap anak mendapatkan pendidikan yang bersifat informal terlebih dahulu sebelum memasuki jenjang pendidikan yang formal. Serta dengan mengacu dari penelitian yang menyebutkan, saat usia anak memasuki 0-6 tahun ini adalah golden age periode atau masa usia emas dari anak. Untuk itu usia dini adalah usia yang berperan penting dalam proses perkembangan anak. Bagi orang tua sangan dianjurkan membekali hal-hal yang bersifat positif, salah satunya dengan memasukkan anak ke PAUD.

Sedangkan untuk manfaat dari PAUD sendiri dapat melatih kepada aspek kognitif anak, atau aspek yang membuat anak dapat menghubungkan dan menilai suatu kejadian serta dia akan mendapatkan pengetahun setelahnya. Semua itu dibungkus oleh PAUD dalam bentuk-bentuk permainan yang menarik.

Sehingga selain anak akan menikmati setiap pelajaran yang ada, juga dapat mengembangkan otak serta syaraf motorik dari anak. Tentunya dapat meningkatkan kedisiplinan dari anak juga, sebab PAUD yang seperti sekolah formal ini juga mempunya jam bermain dan jam untuk aktivitas lain. Contoh kecil dari kedisiplinan akan terlatih seperti, anak akan menyadari dia harus bangun pagi untuk berangkat ke sekolah serta akan mengikuti arahan guru saat bermain ataupun aktivitas lainnya.

Begitu juga dapat melatih emosional anak, karena dengan dia memasuki paud akan membuat dia berinteraksi dengan teman-temannya. Tanpa disadari anak akan mempunyai rasa toleransi, mandiri, sabar dan akan mudah bergaul. Tentunya masih banyak lagi manfaat dari PAUD semisal dapat meningkatkan performa akademis dari anak, mendorong minat membaca, mempunyai kepribadian lebih positif, mempunyai bekal untuk ke jenjang yang lebih tinggi.

Kurang lebihnya itulah sedikit informasi tentang apa itu PAUD, dan seberapa pentingkah, serta apa manfaatnya .

Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *