27 Oktober 2024

Lidah buaya sudah dikenal sangat luas sebagai tanaman yang baik untuk perawatan kulit. Karena dapat menenangkan kulit dan membuat kulit terasa dingin. Untuk itulah, lidah buaya banyak digunakan dalam membantu meredakan luka sayat dan luka bakar. Namun tak banyak diketahui oleh beberapa orang, ternyata lidah buaya juga dapat menjadi solusi untuk mengobati berbagai masalah rambut. Bahkan pengobatan menggunakan lidah buaya untuk berbagai kondisi rambut ini, sudah terjadi sejak ribuan tahun lalu. Pasalnya lidah buaya memiliki kandungan yang cukup baik untuk rambut. Mulai dari vitamin A, C, E, B12, asam amino, asam lemak, hingga mineral tembaga yang sangat baik untuk rambut. Untuk itu tak heran jika banyak orang memanfaatkan lidah buaya dalam mengatasi masalah rambut mereka. Lalu apa saja manfaat dari lidah buaya untuk rambut? Yuk simak.

Memperkuat Rambut

Lidah buaya dapat menjadi solusi saat kamu mengalami masalah kerontokan pada rambut. Pasalnya kandungan vitamin B12 serta asam folat dapat menjaga rambut agar tidak rontok. Selain itu kandungan vitamin A, C, E yang dimiliki, juga sangat berkontribusi dalam meregenerasi sel dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat serta berkilau. Lidah buaya juga dapat membersihkan kulit kepala, sehingga nutrisi dapat menembus folikel rambut. Begitu juga Enzim proteolytic yang dimiliki akan membantu memperbaiki sel kullit mati di kulit kepala.

Meredakan Gatal di Kulit Kepala

Dermatitis seboroik atau biasa disebut dengan ketombe, akan menjadikan kulit kepala terasa sangat gatal. Gejala kulit kepala yang terasa gatal dan mengelupas ini dapat diatasi oleh lidah buaya. Sebab adanya kandungan asam lemak yang bersifat anti-inflamasi untuk meredakan gatal di kulit kepala.

Memperbaiki Rambut Rusak dan Kering

Tak hanya bermanfaat bagi rambut berminyak, lidah buaya juga sangat baik dalam merawat rambut kering ataupun rusak. Cukup dengan menggosokkan gel lidah buaya pada rambut dan biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan shampo. Sebab adanya kandungan kolagen dan vitamin B yang dapat mengatasi masalah kulit.

Membuat Rambut Lembut

Manfaat lidah buaya lainnya adalah membuat rambut menjadi semakin lembut dan mudah diatur. Caranya oleskan gel lidah buaya ke seluruh rambut, diamkan selama 20 menit sambil melakukan pijatan-pijatan lembut di kulit kepala, lalu bilas dengan air bersih.

Membantu Pertumbuhan Rambut

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa lidah buaya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Sebab saat kamu mengoleskan lidah buaya ke rambut serta kulit kepala, maka aliran darah ke kulit kepala akan meningkat. Dampaknya pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

Demikian beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari lidah buaya untuk kesehatan rambut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *