27 Oktober 2024

Dengan adanya kemajuan teknologi, membuat sebuah pola transaksi keuangan semakin mudah serta praktis. Seperti hadirnya kartu kredit menjadikan orang tidak selalu menggunakan uang dalam bentuk tunai ataupun debit. Tentunya hal ini tak lepas dari adanya manfaat-manfaat yang ditimbulkan oleh kartu kredit. Lalu apa pengertian dari kartu kredit sendiri? Berikut penjelasannya.

Pengertian Kartu Kredit

Kartu kredit adalah sejenis alat pembayaran yang bersifat non tunai, yang diterbitkan oleh sebuah bank tertentu. Atau gambaran sederhananya, dengan memakai kartu kredit saat transaksi, maka biaya transaksi akan dibayarkan terlebih dahulu oleh bank dari penerbit kartu tersebut. Namun pemilik kartu diharuskan melunasi hutang pembayaran tadi pada setiap awal bulan. Sebenarnya dalam banyak aspek kartu debit dan kartu kredit hampir sama. Hanya saja kartu kredit sumber dananya berasal dari pinjaman bank. Sedangkan kartu debit sumber dananya berasal dari saldo pemilik kartu itu sendiri. Selain itu kartu kredit juga memiliki biaya-biaya tambahan tertentu serta adanya limit yang disesuaikan dengan gaji bulananmu. Lalu apa saja manfaat yang ditimbulkan dari memakai kartu kredit? Yuk simak.

Dapat Melakukan Transaksi Saat Tidak Ada Uang Kas

Dengan kartu kredit, kamu tak perlu bingung lagi saat ingin berbelanja namun lupa membawa uang kas atau tak mau repot-repot membawa dompet. Hal ini terkait adanya kartu kredit yang tidak memerlukan uang saat bertransaksi. Tentunya ini akan lebih praktis.

Banyaknya Promo

Banyaknya fasilitas promo yang kalian dapatkan saat bertransaksi menggunakan kartu kredit. Bisa berupa potongan harga ataupun cashback saat bertransaksi dengan merchant yang telah bekerja sama. Bahkan terkadang anda dapat membeli produk dengan cicilan 0%.

Lebih Aman

Selain fungsinya sebagai alat pembayaran, dengan memakai kartu kredit juga akan lebih aman saat terjadi kehilangan. Sebab kamu langsung dapat melaporkannya ke pihak bank yang terkait, lalu pihak bank pun akan langsung memblokirnya agar tidak disalahgunakan.

Dapat Melakukan Tarik Tunai

Fasilitas yang akan kamu dapatkan lagi adalah dapat menarik uang secara tunai ke bank yang terkait tanpa jaminan apapun. Namun perlu diketahui untuk fitur pinjaman uang tanpa jaminan ini mempunyai limit serta biaya tersendiri.

Memudahkan Saat Pergi ke Luar Negeri

Dengan menggunakan  mastercard atau kredit visa, kamu tak perlu repot-repot lagi menukar mata uang negaramu dengan mata uang negara yang kamu tuju. Sebab dengan adanya kartu kredit tersebut, kamu dapat bertransaksi dimanapun kamu berada.

 Itulah beberapa manfaat dari memiliki kartu kredit, tentunya masih banyak manfaat selainnya. Jadi gimana kamu tertarik untuk membuat kartu kredit atau tidak?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *