27 Oktober 2024

Ceker ayam adalah salah satu bagian ayam yang cukup digemari olahannya bagi sebagian masyarakat. Terlebih jika di sop ataupun dimasak dengan bumbu pedas. Dengan harga yang terjangkau dan cara memasaknya yang cukup mudah, rasanya pun dapat membuat lidah bergoyang. Oleh karena itulah, sebagian orang sangat sering mengonsumsi olahan ceker ayam ini. Bahkan di negara layaknya China, Vietnam, ceker ayam mendapat julukan sebagai makanan yang sangat lezat.

Rupanya tak hanya rasanya yang cukup enak, ceker ayam juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah dapat membuat wajah seseorang tetap terlihat muda serta mencegah terjadinya penuaan dini. Lalu apa saja manfaat bagi kesehatan jika mengonsumsi ceker ayam? Yuk simak.

Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Menurut sebuah penelitian dari University Taiwan menyatakan bahwa ceker ayam memiliki kandungan kolagen yang cukup tinggi. Oleh karena kandungan kolagen itulah dapat membuat elastisitas kulit tetap terjaga. Sehingga jika produksi kolagen berkurang dapat membuat kulit akan kendur hingga keriput. Selain itu kandungan asam hialuronat serta kondroitin sulfat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Kolagen dapat digambarkan secara sederhana sebagai protein yang memiliki fungsi perekat.

Menjaga Kesehatan Sendi-Sendi

Oleh karena ceker ayam yang terdiri dari tulang, kulit, dan tidak otot. Membuat kandungan kalsium, mineral, serta protein yang ada pada ceker ayam, mudah diserap oleh tubuh. Berbagai nutrisi penting yang ada pada ceker ayam ini, sangat dibutuhkan oleh tubuh agar gerakan sendi tetap baik dan meminimalisir terjadinya nyeri sendi serta radang sendi.

Mencegah Terjadinya Pengeroposan Tulang

Selain dapat menjaga elastisitas kulit, ceker ayam juga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Sebab kandungan kolagen, protein, hingga kalsium yang ada, juga berfungsi membentuk kepadatan tulang pada wanita pascamenopause.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat yang didapatkan lagi jika mengonsumsi ceker ayam adalah membantu mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Bahkan dalam sebuah penelitian menyatakan, kandungan protein yang ada di ceker ayam dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dengan cara merangsang glukagon-like peptide yang berfungsi mengaktifkan produksi dari insulin.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol yang menjadi sebab dari tersumbatnya pembuluh darah dapat berpotensi menyebabkan penyakit jantung. Hal itu terjadi karena, jantung harus bekerja ekstra dalam memompa darah. Sedangkan ceker ayam dipercaya dapat membantu mengatur detak jantung. Kandungan prolin yang ada pada ceker ayam dapat mebantu pembuluh darah dalam melepaskan penumpukan lemak yang menyumbat. Selain itu, adanya kandungan arginin juga dapat mengontrol tekanan darah, karena arginin akan menghasilkan oksida nitrat yang membuat sirkulasi darah meningkat serta pembuluh darah akan mengendur.

Demikian beberapa ulasan mengenai manfaat mengonsumsi ceker ayam, tentunya masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *